Log In | Register
Skip to main content

Topic: Internet Netral di Indonesia (Read 212 times)

  • spasi
  • [*][*][*][*][*]
  • Administrator
  • 2,382

  • 208

Internet Netral di Indonesia
Kolom Opini saja. :)

Beberapa hari ini website2 besar yang operatornya di Amerika Serikat sana banyak yang kampanye net neutrality (internet netral)[1][2] yang aslinya kalau dari istilah yang dipakai biasanya ga langsung paham maksudnya apa. :D

Tapi aslinya di Indonesia sudah lama sekali terjadi perilaku yang ditakutkan terjadi di US sana, dimana operator telco/ISP sudah memihak dalam kebijakannya ke layanan tertentu. Bisa positif dan negatif.

Apa itu Net Neutrality? Sederhananya (seharusnya) konsumsi konten internet/data tidak ada pembedaan dari ISP. Itu adalah bandwidth yang kita bayar, jadi seharusnya bebas mau digunakan untuk apa. beda dengan FUP (fair usage policy) yang berlaku secara global tidak per service.

argumen dari telco, sepemahaman saya, bahwa ada ketimpangan konsumsi data apabila tidak dibedakan. dan ini memberatkan biaya operasional isp. misal suka nonton video streaming tentu beda sama yang suka medsos. padahal bayarnya sama. menurut saya intinya ada di setiap customer memiliki cost dan profit berbeda. dengan tarif setara, kalau cuma suka browsing akan lebih menguntungkan isp dibandingkan yang suka download atau streaming. :P

Analogi yang saya rasa cocok untuk memahami bagaimana sistem kerja internet netral itu paling gampang seperti listrik. Bayangkan kalau PLN tahu dan bisa membedakan listriknya digunakan untuk perangkat apa. Jadi kulkas ada tarif tersendiri. AC cuma bisa digunakan malam karena ada paketnya sendiri. Sedangkan lampu ada beda tarif yang LED dan bohlam biasa. Dan seterusnya.

Nah... familiar? Karena sebenarnya di Indonesia, terutama operator seluler sudah menerapkan anti net neutrality ini. :D Ada kuota 4g, kuota 3g, kuota malam, kuota video dan sebagainya.

Sedangkan kalau ISP yang baru saja terjadi adalah kontroversi telkom memblokir netflix di indonesia yang karena katanya beroperasi tanpa ijin. dimana mereka ada juga iflix. belum separah operator seluler yang semuanya ada jenisnya dipisah - pisah. :D paling cuma injeksi iklan.

jadi yang diperjuangkan di US hasilnya kalau gagal ya implementasinya mirip2 di indonesia. :D

  • 784

  • 233

Re: Internet Netral di Indonesia
Reply #1
Kalau menurut saya, problemnya -- terutama ISP di sini -- adalah bahwa mereka gak mau "rugi" jadi jualan di atas max BW aktual mereka. Mirip seperti hotel & pesawat yang juga jualan seperti itu, dengan asumsi bakal ada calon tamu/penumpang yang cancel. Kalau di hotel & pesawat, dampaknya sering malah menguntungkan bagi konsumen, karena kalau ternyata bener-bener full (gak ada yang cancel) maka beberapa orang dapat free upgrade kelas/kamar.
Dampak negatifnya kalau bener-bener fully booked, maka bisa dioper/bahkan terlantar/di-"kick out" dari pesawat/hotel. Walaupun tergolong jarang, tapi ada juga kejadian-kejadian kayak gini.

Nah sama dengan ISP di sini. Mereka berasumsi pelanggan dikasih up to xx Mbps "pasti" gak akan menggunakan max BW selama 24 jam 7 hari per minggu. Makanya yang justru menggunakan secara lebih "efektif" (misalnya gamer/downloader) malah kena penalti dalam bentuk FUP dsb.
Padahal mestinya kalau pake analogi hotel/pesawat, harusnya yang banyak pake BW otomatis dapat free upgrade ke paket di atasnya  :P

Kalau di sana kelihatannya fokus utamanya di masalah sensor/policing, jadi IMO agak beda yah dengan kondisi di sini. Secara di sini memang sudah kena sensor (internet +).
Di sini masalah BW (khususnya download, tapi banyak juga yang concern terhadap BW upload) masih merajai (lihat aja kamar sebelah...). Kelihatanya di Amrik sudah (secara umum) tidak lagi mempermasalahkan hal tersebut (kecuali mungkin di sebagian kecil daerah pelosok/rural).
  • Last Edit: July 13, 2017, 12:42:11 pm by mxyzptlk

  • spasi
  • [*][*][*][*][*]
  • Administrator
  • 2,382

  • 208

Re: Internet Netral di Indonesia
Reply #2
bener. kondisinya di indonesia lebih ke arah memaksimalkan profit daripada sensor, karena sudah jadi fitur disini. kayanya ini salah satu langkah edukasi pelanggan yang sukses :p , dimana awalnya ngedumel karena aneh sekali sistem kuota data seluler dan kalau suatu saat diadaptasikan ke isp rumahan sudah siap.

sedikit pemain jadinya bisa monopoli, banyak pemain ga jadi price war tapi kartel. :D kayanya sudah fix termurah sekarang 250ribuan per bulan.


Dampak negatifnya kalau bener-bener fully booked, maka bisa dioper/bahkan terlantar/di-"kick out" dari pesawat/hotel. Walaupun tergolong jarang, tapi ada juga kejadian-kejadian kayak gini.

kaya gini mas? :D
https://www.youtube.com/watch?v=VrDWY6C1178

  • 784

  • 233

Re: Internet Netral di Indonesia
Reply #3
kaya gini mas? :D
Hahaha, ini sempat viral waktu itu.
Kelihatannya maskapai yang bersangkutan servisnya sebanding dengan Lion kalau di sini, cuma bedanya doi lebih low cost, jadi lebih banyak yang pakai.
Saudara saya di US pake itu kena delay 5 jam...