Skip to main content

Topic: Cara komplain ke MyRepublic (Read 33262 times)

Cara komplain ke MyRepublic

Sedikit share saja cara komplain ke MyRepublic biar ga terlalu berbelit - belit komunikasinya. :D Kalau masalah billing memang bisa langsung dihandle, malah rasanya penguasaan cs level 1 (yang paling awal) ada di tagihan sisanya dioperkan ke level 2/teknisi mungkin. :P

Kalau komplainnya masalah teknis seperti gangguan koneksi, ONT LOS merah LEDnya, tv kabel mati dan sebagainya. baik nanti menghubungi lewat telepon, livechat, whatsapp, twitter/facebook atau datang sendiri, jangan lupa sebelumnya kirim data berikut ke email customer carenya di [email protected]
  • Nomor ID pelanggan
  • Nama lengkap pelanggan, kalau bisa persis sesuai di akun myrepublic (waktu daftar/buat cek billing)
  • Deskripsi lengkap masalahnya gimana, jangan lupa waktunya.
  • Sertakan juga screenshot atau copas dari hasil perintah cmd: ping google.com, nslookup google.com dan tracert google.com karena mereka butuh data ini, jadi sekalian berikan yang lengkap.
Kenapa? Soalnya pasti ditanya atau diminta. Biar ga repot2 dipingpong sana - sini kalau datanya kurang, dan menunggu responnya itu kadang ga bisa disebut cepat. jadi menyingkat waktu.

Jadi langsung balas saja sudah dikirimkan ke email dengan judul (misal): Keluhan pelanggan [ID anda disini]. Jangan lupa minta case id dari komplainnya, biar bisa difollowup kedepannya dan tidak perlu cerita ulang keluhannya.

Kalau lancar (semoga) biasanya akan dibalas dalam waktu 24 jam. Harapannya masalahnya segera diperbaiki kalau semua syaratnya sudah dikirimkan dulu.



Sekian. Ada yang mau share pengalaman atau tips komplain ke cs myrepublic indonesia?

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #1
wogh... ada whatsapp-nya... ane baru tau nih...
Untuk Call center dari pengalaman susah masuk (sesuai diskusi di thread lain)
Untuk email cuman dibales nomor tiket dan sepertinya sengaja nggak dibales, hanya buat formalitas punya email saja
Twitter ini yang lumayan, dibales sekitar 1 hari sesudah komplain

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #2
wogh... ada whatsapp-nya... ane baru tau nih...
dikasih tahu mas @Estilo dulu. :D jawabnya bisa 3 hari lho mas. awal2, mungkin masih semangat csnya, itu dalam 12 jam dibalas. tapi ga bisa diajak ngobrol, 1 baris saja. besoknya lagi.  ;D

Untuk Call center dari pengalaman susah masuk (sesuai diskusi di thread lain)
Untuk email cuman dibales nomor tiket dan sepertinya sengaja nggak dibales, hanya buat formalitas punya email saja
Twitter ini yang lumayan, dibales sekitar 1 hari sesudah komplain
yang livechat, kalau pas online, bisa dijawab dalam 30 menit.

call center kebetulan hoki bantu teman ga lama nunggu robotnya, tapi pulsa tetap kritis. kapan ini bikin tollfreenya.

yang pasti jangan komentar di facebooknya, dibully marketingnya. :P sadis2 sekarang responnya. ini barusan reset iklan lagi myrep, jadi dari nol komentarnya. kadang saya suka baca2.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #3
dikasih tahu mas @Estilo dulu. :D jawabnya bisa 3 hari lho mas. awal2, mungkin masih semangat csnya, itu dalam 12 jam dibalas. tapi ga bisa diajak ngobrol, 1 baris saja. besoknya lagi.  ;D
yang livechat, kalau pas online, bisa dijawab dalam 30 menit.

call center kebetulan hoki bantu teman ga lama nunggu robotnya, tapi pulsa tetap kritis. kapan ini bikin tollfreenya.

yang pasti jangan komentar di facebooknya, dibully marketingnya. :P sadis2 sekarang responnya. ini barusan reset iklan lagi myrep, jadi dari nol komentarnya. kadang saya suka baca2.
iya, kl facebooknya no comment dah... parah itu memang... akhir2 ini, ane langsung tanya2 via wa ke salesnya yg dulu nawarin, langsung reply dalam hitungan menit... lebih cepet responnya daripada via call center/twitter... ya  beginilah kl ga ada SLA-nya, mendingan langsung kontak ke orang dalem yg kenal...

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #4
iya, kl facebooknya no comment dah... parah itu memang... akhir2 ini, ane langsung tanya2 via wa ke salesnya yg dulu nawarin, langsung reply dalam hitungan menit... lebih cepet responnya daripada via call center/twitter... ya  beginilah kl ga ada SLA-nya, mendingan langsung kontak ke orang dalem yg kenal...
memang yang paling enak komplain ke marketingnya yang daftarin, kalau pas dapat yang sep after salesnya.

kebetulan selama bantu teman milihin isp dan paketnya ada beberapa yang cuma proaktif pas pemasangan dan pembayaran billing pertama (biar komisi turun). setelah itu lost contact, read ga dibalas.  :'( ada juga yang balas suruh kontak cs.  ::)

cocok2an memang dapat salesnya isp apapun.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #5
Ane lagi ada masalah pembayaran MR, dari pengalaman tahun lalu, CS-nya nggak bisa dihubungi. Nah kalau sekarang?
Karena penasaran, ane coba telpon nomor legendarisnya 1-500-818. Seperti biasanya, ane disambut dengan robot yang meminta pencet-pencet tombol, kurang lebih 2-3 menit. Setelah itu disambungkan ke customer service, kurang lebih nungguin 10 menit baru disambut sama mas-mas (bayangin, supaya dapetin layanan customer servicenya ane harus nunggu 10 menit, parah kan). Setelah dapat CS, ane disambut ala kadarnya, pertanyaannya juga serasa ngasal tanya aja, dan suara CS-nya juga nggak jelas. Setelah komplain keluh kesah, lho, disuruh nunggu lagi dan nunggunya ini dia cuman bilang, "tunggu 2-3 menit", tanpa ada kata-kata "minta tolong" dan tanpa ada konfirmasi keluh kesahnya apakah sesuai dengan yg dicatat. Ane pikir, ya udah lah, mungkin CS-nya baru, setelah kurang lebih total teleponnya 19 menit, akhirnya telepon ditutup dari pihak MR tanpa kata-kata apapun, tanpa ada kejelasan keluh kesah ane, dan tanpa informasi nomor tiket. Total 19 menit * biaya telepon premium (650 / menit), pulsa melayang IDR 12,350 dan tanpa hasil.
Kesimpulan: jangan telepon MR dan jangan terjerumus kedalam MR.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #6
LOL parah bener  :D
Kalau via medsos apa juga no response?
Yah, paling tidak punya saya lebih responsif lah  8)
Catatan bagus ini buat para calon konsumen. Kelihatannya faktor price list biaya langganan sedikit banyak ada juga pengaruhnya  :P

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #7
LOL parah bener  :D
Kalau via medsos apa juga no response?
Yah, paling tidak punya saya lebih responsif lah  8)
Catatan bagus ini buat para calon konsumen. Kelihatannya faktor price list biaya langganan sedikit banyak ada juga pengaruhnya  :P
medsos sih udah nyoba, karena sblm telepon ini udah ane coba chat di facebook per hari sabtu kemaren, sampe skrg blm dibalas. Berarti customer memang nggak boleh kena masalah, meskipun masalahnya ini dari pihak MR. Biasanya kena masalah gini, kan ada escalation contact-nya, di MR tidak ada, jadi customer hanya bisa menerima nasib saja.
Ya biarlah jadi catatan buat yg mau pakai MR.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #8
wkwkw... pengalaman serupa ini mas. tapi saya setahun lebih dulu. :D karena itu saya ga pernah komplain lagi kesana, lha sudah nunggu lama eh keburu habis pulsanya diladenin robot.

bahkan kalau ada masalah koneksi, saya cuma tanya ke salesnya, tapi ya cuma tanya kabar saja. solusi jelas ga ada.

tapi khusus masalah billing setidaknya cs myrepublic bisa bantu langsung, yang masalah teknis bakal dioper dan semoga difollowup.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #9
tapi khusus masalah billing setidaknya cs myrepublic bisa bantu langsung, yang masalah teknis bakal dioper dan semoga difollowup.
berarti lebih buruk ya dari tahun lalu? soalnya masalah billing pun skrg nggak digubris, dan setelah saya buka "hubungi kami" di websitenya MR, ternyata yg ditanyakan CS-nya MR via telepon persis plek sama kolom isian yg ada di situ. Saya coba isi disitu pun nggak dapat reply tiket atau apapun.... asli ini MR kayaknya cuman jualan internet doang, CS-nya dijual....

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #10
kalau yang sekarang kurang tahu juga. soalnya asli sudah setahun lewat saya ga kontak2 cs myrepublic. berarti ada penurunan kualitas layanan.

emailnya gimana mas @toshiro ? dulu pengalaman saya dibalas paling cepat sebulan. :D itupun ga langsung jawab (to the point) pertanyaan saya. dan kalau saya maunya dibalas sebulan buat apa ada emailnya itu, mending pakai merpati pos.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #11
kalau yang sekarang kurang tahu juga. soalnya asli sudah setahun lewat saya ga kontak2 cs myrepublic. berarti ada penurunan kualitas layanan.

emailnya gimana mas @toshiro ? dulu pengalaman saya dibalas paling cepat sebulan. :D itupun ga langsung jawab (to the point) pertanyaan saya. dan kalau saya maunya dibalas sebulan buat apa ada emailnya itu, mending pakai merpati pos.
sampai detik ini, nggak ada email balasan apapun dari MR, jadi ya udah lah, masalah billingnya akhirnya aku bayar manual, tapi kl sampai bulan ini aku ditagih 2x, mendingan langsung tak samperin ke kantornya aja, percuma ngobrol sama MR di fb, twitter, hubungi kami, ora ono sing dideleng...
EDIT: Btw, aku jadi ingat deh kalau pas dulu ngurus billing ke kantornya MR kira-kira setahun lalu, si CS-nya itu ada telepon masuk dan ada aku disana, ada sales di sebelahnya nyeletuk, "tuh ada telepon", tapi dia mengabaikan teleponnya dan bilang "sesuai SOP MR, mengangkat telepon itu tidak prioritas, dan boleh diabaikan bila masih mengerjakan pekerjaan sehari-harinya." Jadi sepertinya memang harus ke kantornya deh... hotline 1500818 cuman pajangan aja, buat punya2an aja supaya kelihatan keren...

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #12
wah, skrg ada testimonial pengalaman terbaik dgn hadiah TV...
https://myrepublic.co.id/testimonial/
lha masalahnya pengalamanku buruk gini, internetnya biasa aja, malah layanan cs nya parah, malah masih bermasalah dgn billing... masa aku ngesubmit gini, bisa diblacklist ntar...

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #13
sampai detik ini, nggak ada email balasan apapun dari MR, jadi ya udah lah, masalah billingnya akhirnya aku bayar manual, tapi kl sampai bulan ini aku ditagih 2x, mendingan langsung tak samperin ke kantornya aja, percuma ngobrol sama MR di fb, twitter, hubungi kami, ora ono sing dideleng...
kayanya mas belum nulis ini masalah billing kenapanya? tak scroll keatas ga nemu.

setidaknya kalau sukses bayar tagihan, ada email masuk (bca hitungan menit, mandiri dalam 1-2 hari). dan kadang ada sms juga konfirmasinya.


EDIT: Btw, aku jadi ingat deh kalau pas dulu ngurus billing ke kantornya MR kira-kira setahun lalu, si CS-nya itu ada telepon masuk dan ada aku disana, ada sales di sebelahnya nyeletuk, "tuh ada telepon", tapi dia mengabaikan teleponnya dan bilang "sesuai SOP MR, mengangkat telepon itu tidak prioritas, dan boleh diabaikan bila masih mengerjakan pekerjaan sehari-harinya." Jadi sepertinya memang harus ke kantornya deh... hotline 1500818 cuman pajangan aja, buat punya2an aja supaya kelihatan keren...
bentar, ini bukan copas share saya 2 tahun lalu kan? berarti sama persis dengan yang saya alami dan lihat di kantornya waktu itu. wkwkwk... :D

wah, skrg ada testimonial pengalaman terbaik dgn hadiah TV...
https://myrepublic.co.id/testimonial/
lha masalahnya pengalamanku buruk gini, internetnya biasa aja, malah layanan cs nya parah, malah masih bermasalah dgn billing... masa aku ngesubmit gini, bisa diblacklist ntar...
saya ada pengalaman juga sama kompetisi/kuisnya. dulu saya sempat ikut kuis di twitternya, dan terpilih sebagai salah satu pemenang.

diminta dm alamat untuk dikirimin hadiahnya. setelah itu sunyi senyap. 2 tahun lalu ini.

Re: Cara komplain ke MyRepublic

Reply #14
kayanya mas belum nulis ini masalah billing kenapanya? tak scroll keatas ga nemu.
setidaknya kalau sukses bayar tagihan, ada email masuk (bca hitungan menit, mandiri dalam 1-2 hari). dan kadang ada sms juga konfirmasinya.
memang belum ane sebutkan spesifik sih, singkatnya sih masalah tagihannya lebih besar dari yang seharusnya dan itu sudah terdebet di cc, jadi harapan ane kelebihannya dikreditkan ke tagihan berikutnya, eh ternyata nggak...

bentar, ini bukan copas share saya 2 tahun lalu kan? berarti sama persis dengan yang saya alami dan lihat di kantornya waktu itu. wkwkwk... :D
wah berarti kita senasib mas spasi...

saya ada pengalaman juga sama kompetisi/kuisnya. dulu saya sempat ikut kuis di twitternya, dan terpilih sebagai salah satu pemenang.
diminta dm alamat untuk dikirimin hadiahnya. setelah itu sunyi senyap. 2 tahun lalu ini.
maksudnya sunyi senyap ini artinya hadiahnya tetap dikirim ke alamat kan?