Log In | Register
Skip to main content

Topic: digibank by dbs (Read 351 times)

  • 895

  • 293

digibank by dbs
Di sini apa ada nasabah "tabungan" (digital) tersebut di atas? Yang sudah pernah merasakan kinerja transfer antar bank & berbagai pembayaran yang disebutkan tanpa ada charge apa pun.
Pingin tahu bagaimana kesan-kesannya, apakah reliable (selalu sukses masuk/tercatat duitnya), berapa lama, kalau misalnya pas ada glitch/error bagaimana/berapa lama proses koreksinya, dll.

  • spasi
  • [*][*][*][*][*]
  • Administrator
  • 2,523

  • 241

Re: digibank by dbs
Reply #1
ini semacam jeniusnya btpn ya? OOT jadinya. kalau yang jenius, teman saya ada dan aktif menggunakannya karena pengeluaran lebih terkontrol, kartu kredit harus ditopup dulu. apalagi fee bulanannya masih 0 seingat saya.

baca2 situsnya: https://www.dbs.com/digibank/id/id/index.html terutama ini: https://www.dbs.com/digibank/id/id/biaya-dan-limit.html

feenya (hampir) ga ada dan  bunganya juga tertinggi. saya yang sekarang tertarik. :D

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #2
Betul, konsepnya mirip jenius. Tapi AFAIK jenius lebih mature.
Kalau yang ini kok kayak gimana-gimana gitu.
Katanya induk perusahaannya di negara tetangga dapat predikat best bank, tapi kalau di sini kan kayak kurang niat gitu (walaupun sudah cukup lama buka di Ind).

Saya sebetulnya gak tertarik, tapi saya dipaksa masuk ekosistem bank ini gara-gara dulunya saya ada KK 4nz...
So far pengalaman kurang mengesankan. Waktu transisi, despite katanya sudah prepare bertahun-tahun sebelumnya, & despite bahwa di Ind pelaksanaan transisi nya paling belakangan (negara-negara lain yang ikut terkena transisi, termasuk Singapur, sudah beres transisi duluan beberapa bulan sebelum Ind), KK saya gak bisa dipakai online yang ikut Verified by Visa selama kurang lebih 2 atau 3 minggu (kalau online yang langsung bablas tanpa OTP sih bisa...).

Coba juga cek review app nya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dbs.id.pt.digitalbank , cukup mengecilkan hati. Cuma saya, mungkin tergolong cukup hoki, sudah sukses sih pasang app nya.
Sekarang mau memanfaatkan fitur bank nya, tapi masih ragu takut nyangkut duitnya.

  • spasi
  • [*][*][*][*][*]
  • Administrator
  • 2,523

  • 241

Re: digibank by dbs
Reply #3
oalah kalau ANZ saya sempat tahu internet bankingnya. dimigrasi dari sana jadinya? bertahun2 prepare itu di planningnya, paling eksekusinya tahun ini. :D

agak was2 sih produk perbankan kalau ga jelas komitmennya. kayanya yang benar2 bagus sekarang cuma btpn jenius.

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #4
& jangan lupa, untuk buka tabungan digitalnya itu mesti ada verifikasi biometrik yang di Malang not available. Paling dekat di Surabaya. Perkecualian cuma untuk nasabah eks 4nz yang diasumsikan oleh dbs = sudah verified, jadi bikin new account setelah isi-isi di app langsung bablas successful. Kalau nasabah baru mesti ada last step verifikasi biometrik. Ya mirip-mirip dengan proses di Jenius juga.
Lah kalo Jenius kan paling gak di Malang ada bank nya.

Btw, sekilas info: saya cuma baru nyoba 2 transaksi:
  • Transfer dari Becak via mobile banking, prosesnya memang bener realtime time time, padahal hari Minggu. Begitu ok di Becak, langsung masuk ke digi bank. Biaya transfer antar bank berlaku normal.
  • Bayar dari digi ke KK, ternyata tidak realtime masuk (minimal menambah limit), padahal intra bank & dilakukan pada jam kerja. Mesti nunggu beberapa jam baru limit bertambah.
    Masak kalah dengan KK lain yang saya punya, yang pembayaran via transfer antar bank via mobile banking pun akan langsung realtime menambah limit, bahkan di luar jam kerja sekalipun  ::)

Mau nyoba transfer ke bank lain ataupun bayar-bayar tagihan (termasuk tagihan KK bank lain) yang konon katanya bebas segala biaya, masih ngeri-ngeri sedap...
Di sisi lain, fitur yang cukup baik adalah: semua transaksi keluar maupun masuk selalu dapat notifikasi via SMS, yang saya belum tahu itu gratis atau bayar, mesti nunggu ngecek bill pasca bayar.

Berarti nampaknya penghuni di sini gak ada yang ikut ya? :)
Yah terpaksa saya aja yang jadi kelinci percobaan.
  • Last Edit: April 05, 2018, 09:18:00 am by mxyzptlk

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #5
Update performa so far:
  • Bayar dari digi ke KK pada hari kerja & jam kerja membutuhkan waktu minimal 3 jam (asumsi saya: jam kerja juga) untuk dapat ter-register menambah limit. Ada notifikasi SMS & e-mail dari digi waktu melakukan pembayaran, & notifikasi SMS dari KK waktu ter-register. Makanya saya bisa tahu jangka waktunya.
  • Percobaan transfer dari digi ke Becak berlangsung benar-benar tanpa biaya & realtime. Cuma percobaan pertama ini saya lakukan di jam kerja, entar saya coba performanya kalau di luar jam kerja.
  • Kualitas app nya benar-benar so so, karena mendadak bulan ini saya tidak bisa mengecek transaksi KK saya (kemarin-kemarin no problem). Selalu blank & tertulis tidak ada transaksi. Transaksi muncul terlihat ketika saya cek di internet banking. Padahal internet banking itu sendiri baru bisa diakses/login setelah kita lebih dulu sukses create account di app (mobile banking). Ruwet kan...
    Untung saya sudah sejak awal sukses create login/account di app (baca komen/review di PS, ada/banyak yang kesulitan). Entah gimana nasibnya mereka-mereka itu.

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #6
Update bayar KK bank lain:
  • Menggunakan menu pembayaran, karena saya kuatir bakal ada glitch kalau pakai menu transfer, mengingat metode transfer juga ada beberapa macam (contohnya di Becak, bayar KK via menu transfer cuma bisa di ATM & mobile banking, di internet banking nya rada ngeri atau malahan memang tidak bisa, karena prosedurnya beda)
  • Surprisingly, berjalan lancar  8)
    Tentunya nominal tagihannya tidak keluar. Ini sama saja dengan kalau bayar dari Becak
  • More surprisingly, speed nya sama aja dengan ketika bayar dari Becak via transfer, bahkan ketika di luar jam kerja pun
    Nampaknya menu "pembayaran KK" dia beda dengan menu pembayaran di bank lain. Kalau di sini menu "pembayaran KK" sama aja dengan metode transfer di bank lain.
  • Kesimpulan: bakal saya pakai terus untuk bayar KK bank lain, karena cuma keluar biaya transfer 1x (untuk transfer ke DBS), selanjutnya free (sejauh ini sih, entah ke depannya...)
  • Last Edit: May 03, 2018, 02:03:55 pm by mxyzptlk

  • 184

  • 63

Re: digibank by dbs
Reply #7
Setelah daftar digibank ini kalau dari sisi privacy-nya gimana ya? Apakah dispam dgn berbagai penawaran via telpon?
Kalau saya lihat cukup menarik sih kalau tidak ada biaya administrasi bulanan dkk...
Mungkin downsidenya cuman ada biaya transfer dari bank lain ke digibank, sedangkan kl jenius kan ada promo setiap hari senin akan diganti / dapat cashback biaya transfer.
Biasanya kl urusan transfer gini, saya pakai flip karena free, tapi baik digibank maupun jenius masih belum didukung. Kl nggak salah voting terakhir untuk menambah bank baru, yg menang jenius deh. Mungkin dalam waktu dekat akan ada jenius di flip.
Kemudian saya lihat kk-nya cukup premium ya, iurannya 300-500rb/tahun dan masih ada biaya lain2nya yg saya sendiri puyeng bacanya...
  • Last Edit: May 06, 2018, 01:03:30 pm by toshiro

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #8
Setelah daftar digibank ini kalau dari sisi privacy-nya gimana ya? Apakah dispam dgn berbagai penawaran via telpon?
Kalau saya lihat cukup menarik sih kalau tidak ada biaya administrasi bulanan dkk...
Mungkin downsidenya cuman ada biaya transfer dari bank lain ke digibank, sedangkan kl jenius kan ada promo setiap hari senin akan diganti / dapat cashback biaya transfer.
Biasanya kl urusan transfer gini, saya pakai flip karena free, tapi baik digibank maupun jenius masih belum didukung. Kl nggak salah voting terakhir untuk menambah bank baru, yg menang jenius deh. Mungkin dalam waktu dekat akan ada jenius di flip.
Kemudian saya lihat kk-nya cukup premium ya, iurannya 300-500rb/tahun dan masih ada biaya lain2nya yg saya sendiri puyeng bacanya...
Nah, saya masuk ke ekosistem DBS ini juga dipaksa/harus mau, karena unit bisnis 4nz di beberapa negara dijual ke DBS. Sedangkan "aneh"nya DBSI(ndonesia) adalah dia sebetulnya bank konvensional (pusat DBS di Singapur adalah bank terbesar/terluas di sana), tapi di sini (& nampaknya bakal jadi trend dia ke depannya) malah separo memaksa untuk menjadi digital banking (seperti Jenius), di mana proses buka rekening dimulai dari daftar via app.
Sebetulnya kan DBS juga sudah cukup lama ada di Ind, tapi sebelum-sebelum ini rasanya dia lebih menyasar ke nasabah premium (wealth management). Baru sekitar setahun terakhir ini dia punya produk yang merakyat, ya digibank ini.

Setelah dari app mesti verifikasi/input data biometrik, di mana di Malang rasanya belum bisa.

Bahkan internet banking pun "rada-rada dirahasiakan" URL nya (baca: lebih gampang dapetin link app di PS daripada nyari link internet banking nya), di samping inferior fitur-fiturnya dibanding app  ::)
Belum lagi mau login ke internet banking juga mesti sudah punya akun/aktif di app nya duluan (baca: kalau lagi termasuk sekitar 65% reviewer di PS yang kesulitan create account di app, maka gak ada jalan alternatif lain lewat internet banking misalnya -- internet banking gak bisa create account/sign up, cuma bisa sign in).

Karena saya sudah "by system" menjadi nasabah pindahan, makanya saya bisa create account tanpa perlu verifikasi/input data biometrik lagi.
Tapi jangan lupa, berdasarkan review di PS, banyak juga calon nasabah yang kesulitan create account, entah dia nasabah baru ru maupun yang pindahan "by system." Kalau yang pindahan "by system" kesulitan create account, maka apes lah dia, karena gak ada cara untuk ngecek transaksi KK (pindahan) nya dia (kecuali mungkin kontak ke call center, yang mana nampaknya gak terlalu mudah tersambung kan pula...).
Media sosial cuma ada fb yang ala kadarnya & sangat tidak responsif. Kalau yang di Singapur sih fast response kalau dikontak via medsos, tapi ya percuma aja, gak bisa solving problem yang terjadi di sini.

Soal telemarketing memang beberapa waktu ini cukup gencar, tapi gampang tengeran nya (nomor 021 kepala 9, kayak nomor 3si4 aja & beda dengan nomor telepon 021 yang "normal"). Tinggal gak perlu diangkat aja.

Saya jarang perlu transfer antar bank, jadi gak pernah bother untuk nyoba broker-broker transfer begituan. Yang biasanya saya perlukan itu transfer antar bank langsung untuk bayar KK tanpa punya rekening di bank nya.
Jadi pas dengan adanya digibank ini.

Secara umum IMO Jenius lebih mature & exposure lebih luas maupun lebih duluan, jadi bisa jadi lebih besar kemungkinan untuk di-support broker.
Tapi di lain pihak DBSI juga lagi gencar-gencarnya promosi digibank maupun KK nya di online-online shop.
Cuma memang nampaknya bakal lebih responsif btpn dibanding DBSI kalau ada keluhan dari nasabah.

Kalau KK nya sih terus terang not recommended...
Fitur nya pun menurun/lebih jelek dibanding waktu masih bermerk 4nz.

Kalau Jenius juga gratis bayar KK ke bank lain, yah gak ada untungnya milih digibank dibanding Jenius.
Ini juga saya kan separo otomatis masuk ke digibank, bukan atas kehendak sendiri pingin buka akun di situ  :)
  • Last Edit: May 06, 2018, 01:39:00 pm by mxyzptlk

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #9
Biaya-biaya mulai bermunculan HAHAHAHA.

Btw, sejauh ini SAMA SEKALI TIDAK ADA fasilitas cicilan 0% untuk KK nya di online-online shop (sejauh yang saya tahu).
Bahkan promo-promo yang dimunculkan oleh DBS pun (misalnya cashback ke toko cash di Toped) mensyaratkan full payment...

Semakin lama terasa semakin tidak berguna nih KK. Promo di offline pun jarang banget. Padahal KK pendahulunya banyak bener promo nya (utamanya di tempat makan sih, & di luar Malang, but still...). Kesimpulan: sangat penurunan manfaat KK nya.
  • Last Edit: May 21, 2018, 03:23:28 pm by mxyzptlk

  • spasi
  • [*][*][*][*][*]
  • Administrator
  • 2,523

  • 241

Re: digibank by dbs
Reply #10
ga ditutup mas? kayanya mending kk dari bank yang umum kalau gini. cabangnya masih belum ada kan di malang?

dulu anz malah banyak kemudahannya. bisa mecah cicilan sendiri lewat internet bankingnya.
  • Last Edit: May 23, 2018, 08:15:23 am by spasi

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #11
ga ditutup mas? kayanya mending kk dari bank yang umum kalau gini. cabangnya masih belum ada kan di malang?

dulu anz malah banyak kemudahannya. bisa mecah cicilan sendiri lewat internet bankingnya.
Betul, jauh bener benefit nya dibanding merek lama...

Kalau soal belum ada di Malang sih sama aja dengan yang dulu.
Sementara saya pertahankan wait & see dulu. Paling gak selama digibank nya masih bebas transfer bayar KK bank lain.

Update:
Hari ini ada mandatory update app digibank di Android. "Kemajuan" nya: bisa login pake fingerprint (dulu-dulunya yang bisa cuma di apel) & verifikasi no HP antara app (smartphone) & yang terdaftar di bank. Kalau ada perbedaan (seperti kasus di saya), maka mesti masukin OTP yang dikirim 50-50 ke HP & juga e-mail... sekaligus antara mantap & ngrepotin.
  • Last Edit: May 23, 2018, 11:27:05 am by mxyzptlk

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #12
Hari ini (tanggal 8 ) saya terima SMS "spam" berisi seperti terlampir.
SMS berisi hal tersebut baru hari ini saja saya terima, sebelum-sebelumnya sama sekali belum pernah (SMS berisi hal tersebut, kalau berisi hal-hal lain dari sender tersebut sih sudah sering).

Kiranya bisa menjadi gambaran bagaimana kualitas/profesionalitas bank tersebut  ;D  ::)  :P

Catatan:
Saya tidak sedang melakukan transaksi berkaitan dengan isi "spam" tersebut yah, jadi SMS tersebut bukan notifikasi/konfirmasi.
  • Last Edit: June 08, 2018, 10:13:44 pm by mxyzptlk

  • 184

  • 63

Re: digibank by dbs
Reply #13
Hari ini (tanggal 8 ) saya terima SMS "spam" berisi seperti terlampir.
SMS berisi hal tersebut baru hari ini saja saya terima, sebelum-sebelumnya sama sekali belum pernah (SMS berisi hal tersebut, kalau berisi hal-hal lain dari sender tersebut sih sudah sering).

Kiranya bisa menjadi gambaran bagaimana kualitas/profesionalitas bank tersebut  ;D  ::)  :P

Catatan:
Saya tidak sedang melakukan transaksi berkaitan dengan isi "spam" tersebut yah, jadi SMS tersebut bukan notifikasi/konfirmasi.
mosok iku spam... kok ketokane resmi sender e... 😋

  • 895

  • 293

Re: digibank by dbs
Reply #14
mosok iku spam... kok ketokane resmi sender e... 😋
Salah fokus mas e  :D

Saya bilang "spam" karena saya tidak minta, tapi otomatis dapat. & lagi saya kasih tanda " kan.
Itu memang resmi dari bank nya.

Yang mau saya share di sini bukan masalah spam nya.
Coba perhatikan lagi detil post saya + diteliti gambarnya  8)