Skip to main content

Topic: Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita? (Read 1299 times)

Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita?

Di zaman seperti sekarang ini, kita tak bisa lepas dari teknologi bernama Internet. Manfaat dari internet memang cukup banyak dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Internet memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan, namun tak hanya itu, Internet juga digunakan untuk hal lain seperti bersosial, streaming, main game online atau bahkan mencari penghasilan tambahan.

Untuk bisa terhubung dengan internet, kita mengenal dua cara yaitu menggunakan koneksi mobile broadband seperti tethering melalui smartphone atau modem dan satu lagi menggunakan koneksi fixed broadband. Nah, dari dua cara tersebut kira-kira mana yang cocok untuk kebutuhan agan?

Mobile Broadband
Mobile Broadband bekerja dengan cara menghubungkan jaringan seluler menggunakan SIM Card. Inilah internet yang kita gunakan saat berpergian menggunakan smartphone. Selain itu kita bisa terhubung ke Mobile Broadband ini dengan menggunakan Modem atau Wi-Fi Portable.

+ - Kelebihan dan kekurangan Mobile Broadband
  • Bisa dibawa kemana saja. Cukup membawa modem, Wi-Fi Portable, mi-fi dan smartphone maka kita dapat berinternet di mana dan kapan saja selama ada sinyal dari provider yang digunakan.
  • Menyediakan pilihan paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera.
  • Di tempat-tempat tertentu kualitas sinyal menurun atau tidak stabil
  • Menggunakan system kuota yang sangat terbatas dan cepat habis.
  • Mobile Broadband tidak begitu cocok untuk dipakai dalam beberapa game online. Hal ini dikarenakan Mobile Broadband memiliki latency yang relatif lebih tinggi
  • Sewaktu beberapa user mencoba untuk mengakses internet secara bersamaan, maka kecepatan dapat berkurang secara drastis.
Jika agan adalah pengguna dengan mobilitas tinggi yang setiap harinya harus bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah dan hanya menggunakan internet seperlunya saja, Mobile Broadband mungkin adalah pilihan yang lebih efisien untuk kalian terutama dari segi finansial.

Fixed Broadband
Istilah broadband bagi pengguna internet diartikan jalan yang lebar untuk koneksi internet, sehingga memberikan akses yang jauh lebih cepat hingga 10-20 kali lipat dibandingkan modem dial-up. Fixed Broadband adalah layanan akses internet kecepatan tinggi yang menggunakan infrastruktur jaringan tetap. Karakter fixed broadband, khususnya yang menggunakan jaringan fiber optic mempunyai karakter koneksi yang lebih stabil walaupun digunakan secara bersama-sama menggunakan beberapa perangkat sekaligus.

+ - Kelebihan dan kekurangan Fixed Broadband
  • Sesuai namanya, fixed broadband ini tidak dapat dipindahkan seenaknya
  • Kualitas jaringan yang cenderung stabil serta lebih cepat dari mobile broadband. Sebagai contoh, layanan MyRepublic dari Sinarmas yang mencapai 300 Mbps dan tidak akan kalian dapatkan di paket mobile broadband mana pun saat ini.
  • Lebih bisa diandalkan. Fixed Broadband memiliki latensi yang jauh lebih rendah (lebih sedikit lag saat gaming), serta lebih baik saat video call
  • Kuota melimpah, beberapa ISP justru memberikan kuota Unlimited
  • Pemasangan awal butuh registrasi dan butuh biaya pemasangan (Beberapa provider ISP memberikan promo gratis pemasangan)
  • Pembayaran flat tiap bulannya tanpa melihat berapa besar pemakaian
  • Menyediakan paket bundling dengan saluran TV. Jelas ini lebih hemat uang daripada harus berlangganan TV secara terpisah.
  • Mengganti provider tidak semudah saat menggunakan internet mobile
  • Lebih tepat dipasang di rumah atau di kantor.

Jika agan adalah seorang gamer atau orang yang sering download ataupun upload berbagai file media, serta beberapa anggota keluarga dirumah yang membutuhkan akses Internet, Fixed Broadband merupakan pilihan tepat yang akan menjamin kebutuhan agan akan koneksi yang cepat dan tidak terbatas bisa terpenuhi.

Jadi, mana yang cocok untuk agan?
Secara umum, Fixed Broadband adalah pilihan terbaik bagi sebagian besar dari kita. Ini bisa jauh lebih bisa diandalkan dan cenderung kita tidak akan emosi karena speed yang lambat. Dan itu mutlak jika kita ingin bermain game, streaming video HD, atau download file dalam jumlah waktu yang cepat, atau jika beberapa orang perlu menggunakannya sekaligus.


Re: Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita?

Reply #1
Boleh juga infonya, sekalipun ada iklan terselubung tapi tidak vulgar  :D

Cuma soal tagihan kayaknya perlu diklarifikasi lebih lanjut, karena cukup besar bedanya antara nominal di fixed & mobile, khususnya untuk pemakaian standar internet yang gak dipake download ataupun streaming video/musik 24 jam  :)
Mobile rata-rata di angka puluhan ribu, sementara fixed ratusan ribu, bahkan cenderung 200 rb ke atas net (setelah biaya sewa tetek bengek + ppn). Yang di bawah 200 rb umumnya cuma beda tipis speed nya dibanding mobile. Berarti malah semakin berkurang keunggulannya dibanding harga mobile yang murah meriah.

Kalau dipake download 24 jam pun, fixed broadband sering kemudian main-main entah dengan fup, traffic shaping dll dsb dkk yang susah juga pembuktiannya (baca: konsumen merasa/curiga, tapi ISP ngotot semua hanyalah kondisi normal traffic network lagi padat, akhirnya konsumen harus "mengalah" karena toh gak punya bukti).

Soal kuota, cukup besar prosentase user mobile yang kuotanya juga gak abis-abis (bukan karena jaringannya lemot ya...) tapi karena memang pemakaian standar yang tidak banyak makan kuota. Bahkan kalau untuk sekedar browsing saja, ada fitur dari chrome, opera dll untuk semakin hemat kuota.

Soal speed juga sama. Di mobile, 3G asalkan lancar pun sebetulnya sudah cukup untuk mayoritas user, gak harus 4G. Bahkan cukup banyak user mobile yang ngasih testi bahwa speed 3G suatu ISP tertentu lebih kenceng dibanding 4G nya :))
Speed dewa di fixed broadband terutama berguna buat download, streaming 4K dsb. Jadi kembali lagi ke topik di atas.

Untuk game online juga 50:50 fixed vs mobile. Perasaan ada juga tuh konsumen fixed yang ngeluh soal ping gede.
Di pihak lain, IMO mayoritas gamer online mainnya pake 3G/4G & gak pake wifi.

Kalau dipandang dari sudut untuk bekerja, ojek online jelas butuhnya mobile internet, gak bakalan bisa nyari nafkah dengan fixed internet. Jadi mau gak stabil pun, yah tetap harus pake itu.
& terbukti bahwa ratusan ribu (jutaan mungkin) ojek online bisa survive kerja dengan mobile internet, artinya mobile internet pun gak sebegitu jelek-jelek amat kualitasnya (dibanding fixed internet) maupun negatifnya (soal harga/tagihan misalnya).

Jadi IMO poin utama fixed broadband cuma di kestabilan.
Nah, masalahnya kalau kemudian si fixed broadband juga gak stabil internet nya, terus apa ya nilai tambahnya?
HAHAHAHAHA
Btw, saya bukan pengguna MR ya, jadi saya justru gak nyindir MR.
Btw juga, kalau soal bagaimana experience user MR, ada juga kok di sini LOL

Poin soal mesti di-charge, ini cukup menggelitik juga. Ada benernya sih. Cuma kalo dibalik, PLN padam, terus yang lebih unggul siapa coba?  :P
Inves UPS, lah malah nambah biaya lagi dong.

Terakhir, poin + TV boleh juga lah :)
Cuma kalau kemudian internet mati terus TV mati juga, akhirnya gak terlalu keunggulan juga. Karena kalau pake provider TV terpisah, gak akan terjadi kejadian seperti itu.

nb, kelupaan.
Perasaan konsumen fixed broadband pasti juga punya mobile broadband juga dong, lah kalo gak ketika di jalan not connected dong.
Jadi pengeluaran untuk fixed broadband pasti bakal bikin nambah budget alokasi untuk internet, yang sudah ada mobile broadband kemudian mesti nambah lagi untuk fixed broadband.

Re: Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita?

Reply #2
Kl bagi saya.. ISP fixed mesti lebih murah (kuota - harga) - unlimited & stabil.. kalah 1 faktor aj dari mobile - skor keunggulannya turun drastis & bikin ga menarik.. krn kl mobile pastinya si pengguna lebih fleksibel pilih/ganti2 ISP atau pindah2 lokasi kl yg pilihan pertama lagi gangguan..  ga ribet buat urusin soal pemasangan & bayar biaya instalasinya.. ga bingung kl lagi mati listrik jg..  ;)

Re: Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita?

Reply #3
Gue kayaknya mobile broadband deh, soalnya lebih simple meski kadang di bberapa tempat sinyal jele dan menyebalkan.
DAripada fixed kan haha meski koneksi stabil tapi gak bs dibawa kemanamana hadehh

Re: Mobile vs Fixed Broadband: Mana sebetulnya yang cocok buat kita?

Reply #4
betul, fixed broadband harusnya lebih stabil dibandingkan mobile. tapi khusus myrepublic, sekarang saya utamanya hanya untuk browsing/download/streaming.

untuk main game, memang ada faktor server game itu sendiri dan konektivitas isp. jadi memang tidak pasti semua game lancar. tapi khusus untuk 1 game saya milih mobile karena yang fixed sering lag. :D tapi pada game lainnya termasuk relatif normal.

untuk mobile sendiri kalau mau dibuat koneksi utama di rumah sebenarnya bisa, cari paketan yang smartfren ada yang cukup bagus. tapi fupnya sadis.