Skip to main content

Topic: Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :( (Read 1107 times)

Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :(

Ini pengalaman ane 1 tahun yang lalu gan, jadi berawal dari ane yang mulai merasa kecepatan Internet di hape udah gak cukup lagi memenuhi kebutuhan sehari-hari ane (btw ane pake Tel****el gan) dan anggota keluarga yang juga mengeluhkan kuota abis belom ada sebulan udah gitu mahal termasuk ane juga, terus anak ane yang nonton youtube kalo buffer dia kesel sendiri sampe nampol ane :(  nah disini ane coba mencari tahu sebenarnya berapa sih kecepatan Internet ane dan keluarga butuhkan? Bonusnya bisa irit budget dan streaming lancar jaya bisa di set ke 1080p dengan lancar jaya

Semoga thread gak mutu ini bermanfaat juga buat agan yak  :))


Sebelum menyelam lebih dalam, kita cari tahu apa itu kecepatan internet.


Kecepatan internet diukur dengan seberapa cepat paket data dikirimkan ke komputer atau perangkat seluler agan, diukur dalam satuan yang disebut megabit per detik, atau Mbps. Perlu diketahui bahwa tidak semua kecepatan sifatnya sama. Misalnya, banyak penyedia Internet yang punya kecepatan download yang luar biasa, tetapi kecepatan uploadnya sangat buruk.


Sebagian besar Internet provider memilih untuk menetapkan bandwidth lebih besar ke download daripada upload. Bagi sebagian orang yang sering menggunakan aplikasi berbagi-cloud untuk penyimpanan data seperti google drive, dropbox dll, lalu seorang vlogger/youtuber yang sering upload content video atau mereka yang bermain game online tentu akan bermasalah.

Tentunya sudah pasti kita akan mencari Internet provider yang menawarkan paket "bandwidth simetris," di mana kecepatan download dan upload seimbang atau 1:1

Kecepatan Internet yang direkomendasikan untuk beberapa Aktifitas umum


Perlu dicatat!
Rekomendasi speed ini hanya untuk satu aktivitas di satu waktu, satu user dan mewakili kecepatan terendah yang disarankan ya gan. Kalau agan melakukan lebih dari satu aktivitas pada satu waktu, agan harus menambahkan kecepatan untuk kegiatan lain. Misalnya, kita ingin membuka media sosial saat streaming video, maka otomatis kita membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan download minimal 13 Mbps. Ingat juga gan kita harus menambahkan sekitar 5 Mbps kecepatan ekstra untuk sesekali mengimbangi delay.


Jenis Layanan
Pertimbangan lain adalah jenis layanan yang tersedia di daerah agan itu juga menentukan kecepatan Internet gan. Ada beberapa tipe layanan internet dan setiap teknologi yang digunakan membatasi jumlah kecepatan yang agan terima di rumah.

Koneksi internet DSL dan selular LTE misalnya. Koneksi DSL, tersedia hampir semua wilayah, memanfaatkan saluran telepon tetapi tidak banyak data yang dapat ditransmisikan sekaligus lewat teknologi ini. Selular/Mobile broadband ini jalur koneksi wireless ke internet yang umumnya pakai perangkat mobile seperti modem, perangkat Wi-Fi atau tethering dari smartphone yang kita pakai sehari-hari. Untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet mengandalkan Tower gan, dimanapun agan selama provider yang agan pake ada Tower tetap bisa connect, kalau jauh dari tower ya bye-bye aja gan, paling cuma dapet 2G/3G atau malah sinyal lost

Kabel adalah salah satu koneksi internet berkecepatan tinggi, tetapi juga dapat melambat tergantung pada jumlah penggunaan yang terjadi di lingkungan sekitar. Beberapa daerah di Indonesia menawarkan Internet Fiber dan jenis internet ini memberikan kecepatan paling tinggi secara efisien. Beberapa jaringan Fiber menawarkan kecepatan 1 Gbps atau lebih (1.000 Mbps).


Apa saja faktor penentu kecepatan Internet yang kita Butuhkan?
  • Jumlah pengguna
Ini adalah faktor utama dalam menentukan kecepatan internet yang diperlukan gan. Menentukan jumlah user akan menentukan kecepatan maksimum yang mungkin butuhkan untuk memastikan pengalaman internet yang menyenangkan tanpa delay atau masalah latensi.

  • Jenis Kegiatan
Beberapa kegiatan memakan bandwidth lebih banyak dari yang lain. Streaming video HD salah satunya.


Inget gan, ini cuma penggunaan satu orang dan satu aktifitas lho, kalau multitasking dan lebih dari satu user coba agan kalkulasi aja sendiri yak

  • Pola Penggunaan
Misalnya nih agan lagi streaming film semi anu kualitas HD :o tapi ada anggota keluarga lain sibuk gaming, nonton Netflix, akses sosial media dll. Kecepatan yang dibutuhkan untuk mendukung semua kegiatan tersebut secara bersamaan bakal ganggu agan yang lagi mau "olahraga tangan" :shutup: kalau cuma menggandalkan kecepatan yang seadanya

  • Perangkat
Beberapa perangkat dirumah saat ini rata-rata membutuhkan akses Internet untuk bisa digunakan secara maksimal seperti TV, CCTV, Konsol Game, PC dll.


Kesimpulan dari Ane
Kalau kebutuhan Internet kita cuma sekedar Sosial Media, Browsing dan Jumlah user hanya 1-3 Orang mungkin dengan kecepatan 20Mbps masih mencukupi kebutuhan ini. Namun bila kebutuhan Internet lebih dari itu seperti Streaming Film HD, Download Upload, Gaming, Sosial Media, Browsing, Chatting, Video Call dll, serta jumlah user lebih dari 5 Orang, kecepatan 100 Mbps - 150 Mbps adalah kecepatan standar yang wajib agan punya di rumah untuk pengalaman Internet yang menyenangkan.

Sekian dari ane gan
Yang komen, share dan rate 5 semoga dimudahkan rejekinya dan berlimpah. Aamiin
 ;)  ;)

Re: Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :(

Reply #1
Kesimpulan dari Ane
Kalau kebutuhan Internet kita cuma sekedar Sosial Media, Browsing dan Jumlah user hanya 1-3 Orang mungkin dengan kecepatan 20Mbps masih mencukupi kebutuhan ini. Namun bila kebutuhan Internet lebih dari itu seperti Streaming Film HD, Download Upload, Gaming, Sosial Media, Browsing, Chatting, Video Call dll, serta jumlah user lebih dari 5 Orang, kecepatan 100 Mbps - 150 Mbps adalah kecepatan standar yang wajib agan punya di rumah untuk pengalaman Internet yang menyenangkan.

kalau 1-3 orang 20 Mbps kurang berarti bukan pengguna rumahan ini, tapi anak kos2an. :D

ini saya pakai 30 Mbpsnya Myrepublic, buat orang 5 ya kalau cuma buat streaming youtube dan medsos masih ok lah. bersamaan.

Re: Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :(

Reply #2
Artikelnya agak tendensius, ditaruh di batas atas semua.
Tapi ya maklum lah, orang jualan. Minimal gak vulgar nama merknya.

Kalau memang ada yang setuju dengan rekomendasinya, & langganan internet 100 Mbps, ya good for both of you (sales & customer)...

Re: Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :(

Reply #3
lha wong 6mbps si FM aj udah lanjay buat FHD (murmer lagi - under 200k/bulan).. ngapain pilih kapasitas berlebih2?.. malah ga efisien & mahal.. Kira2 yg promosi di atas dari brand mana ya? :)

Re: Ketika 4G sudah tidak memenuhi hasrat dan mahal :(

Reply #4
di rumah gue itu 30mbps itu uda asik kok
Uda bisa dipake download sama stream youtube
Mski rebutan, tapi seenggaknya masih bisa nonton
Gue rasa itu itu uda cukup hahaha