Skip to main content

Topic: Nyari wireless router (Read 170 times)

Nyari wireless router

Boleh minta masukan, karena bingung bejibun merk/tipe + harga, sementara nyari detil spek (khususnya terkait fitur software-nya) susah sekali.

Kriteria utama tentunya reliabilitas & ketahanan (gak gampang rusak).
Kemudian nyari yang fitur setting-annya semaksimal mungkin, contoh misalnya: bisa assign fixed IP untuk wireless client (denger2 katanya yang beginian ini bisa semakin menghemat batere di smartphone) & ada pengaturan prioritas BW. Atau - kalau bawaan pabrik setting-annya kurang maksimal, mungkin kompatibel & bisa di-flash dengan dd-wrt.

Kriteria terakhir tentunya soal harga: gak mau yang sampe berjuta-juta. Jadi kalau kriteria yang terakhir ini gak bisa kompatibel/match dengan kriteria yang di atasnya (masalah setting-an & fitur), yah minta masukan yang paling balance lah rasio antara harga & fitur/performa.

Catatan tambahan: speed gak nyari yang terlalu ajaib, karena pemakaian keluarga normal-normal aja & gak dipake buat online gaming.
Tapi mungkin supaya kekinian, mestinya nyari yang dual band yah  :)

Jadi kesimpulannya: nyari yang normal2 aja untuk home user, pemakaian normal cenderung rendah, tidak butuh yang heavy duty & kualitas enterprise. Cuma memang kalau bisa fitur pengaturannya se-kaya mungkin.
Jangkauan sinyal sewajarnya saja (sebagai pembanding: cek paragraf selanjutnya), kondisi & layout rumah sederhana & tidak bertingkat.

Sementara ini wireless router pake Cisco bawaan dari FM (asli original sejak pertama x masang) yang konon kabarnya kurang bagus kualitasnya, tapi so far sih saya cukup puas --> entah ini berarti saya hoki (dapat barang yang lumayan bagus) atau berarti hal ini menunjukkan betapa tidak menuntutnya requirement saya wkwkwkwk
Nah cuma memang akhir-akhir ini saya merasa ada penurunan performa. Entah apa memang faktor ISP nya yang getting slower, atau memang si wireless router yang sudah menua.
Makanya sekarang lagi hunting wireless router pengganti, untuk mengeliminasi faktor router.
Kalau ternyata setelah ganti router juga tetap terasa kurang performanya, ya berarti confirmed faktor ISP  :)

Makasih sebelumnya buat yang memberikan tanggapan  8)

Re: Nyari wireless router

Reply #1
maaf kelewat lama mas nanggapinnya. mungkin malah sudah beli.

jadi saya tanya ke teman2 saya dulu. ada yang menyarankan TP-LINK MR3420: https://www.tp-link.com/id/home-networking/lte-3g/tl-mr3420

tapi menurut saya terlalu basic fitur2nya dibanding yang diminta, kecuali mau flashing ke firmware custom. atau temen saya mungkin mikirnya memang gini.

nah, saran lain coba pakai mikrotik seri RB750. ini kalau dulu, agak rumit tapi powerful, tapi kata teman saya yang rilis baru sudah ada wizardnya pada aplikasinya. bisa lebih mudah jadinya.

Re: Nyari wireless router

Reply #2
Hahaha, memang rasanya sepi ya yang knowledgeable di topik ini  :P

Bener, yang tpl1nk rada terlalu basic  :)
Bahkan gak dual band kan, sementara yang dual band paling murah pun harganya cuma beda sedikit di atasnya.
Rasanya daya tarik utama tipe ini 3G/4G nya, padahal di rumah saya malah gak butuh itu.
Tapi memang support dd-wrt.
nb: saya dual band cuma sekedar buat future-proofing aja, walaupun kemungkinan besar gak bakal kepake (saya sudah cukup puas dengan performa 2.4 di tempat saya); lagian zaman now beli router baru yang belum mendukung dual band jadi terasa gimana gitu (walaupun dual band entry level juga, gak perlu yang terlalu high level sih)...

Ummmm, itu rb750 bukannya bukan wireless ya?

Btw, saya requirement-nya nambah 1 lagi: gigabit ethernet  :D

Almost fixed mau ambil t3nda ac10u, dengan pertimbangan utama garansi 2 tahun (di samping harga juga, yang gak nguati  8) ), walaupun (mungkin) origin maupun ketahanannya agak question mark.
Ada info/masukan tentang merek tersebut atau tipe tersebut secara khusus?

Kandidat yang lain ya merk tpl1nk. Tertarik 4rch3r c2, sayang sudah langka & kayaknya banyak yang non garansi. Lha yang di atasnya, c1200, rada mahal yah.
Tertarik juga dengan barang produk lama wdr3600/4300/4900 yang kadang masih ada yang jual. Harga di bawah c1200 & support dd-wrt.
"Kekalahan" dibanding t3nda di soal harga maupun garansi yang cuma 1 tahun (padahal rasanya di luaran berani ngasih garansi 2 tahun, kenapa di sini gak yah?).
Kalau soal reliabilitas sih saya cukup percaya, lha wong saya sudah sempat pake beberapa produk tpl1nk kok.

Kandidat lain yang cukup banyak fans-nya yah 4sus. Tapi yang gigabit harganya di atas 1, yang harga 800-an cuma fast ethernet.

Ada masukan?  8)

Re: Nyari wireless router

Reply #3
klo mau maen maen ke forum ddrwrt, dan kebanyakan biasa rekomen router ASUS trus install custom firmware jadi routernya bisa jadi kelas enterprise dengan banyak fitur dan settingan

Tapi kembali demen ngoprek , karena harganya sendiri juga lumayan mahal  :))

Re: Nyari wireless router

Reply #4
hmm biasanya saya langsung milih router yang bisa diflash dd-wrt atau semacamnya. router murah itu lebih dibatasi firmwarenya daripada hardwarenya.

atau mikrotik kalau mau belajar setting2nya lewat winbox. under 1 juta semua.

soal kedua produk yang diomongin diatas sayangnya belum ada pengalaman. :D

Re: Nyari wireless router

Reply #5
Sekedar share sekilas info, fitur berguna (menurut & bagi saya) di ac10u yang IMO & AFAIK tidak/kurang biasa ada di router kelas "bawah":
  • MAC address filtering bukan cuma buat wireless clients, tapi wired juga bisa; selain itu, 1 setting-an filter berlaku untuk both band (banyak router yang masing-masing band punya list filter tersendiri) - bisa plus bisa minus memang kondisi begini, tapi cocok banget kalo buat saya
  • dalam semua setting-an yang berhubungan dengan MAC address, ada nama device (id) yang bisa dikustomisasi; sehingga gak perlu nyatat list MAC address + nama device di notepad dll

Sebaliknya, kondisi yang "agak aneh":
  • waktu login admin router, password-nya gak di-bintang-in, tapi plain text, jadi kelihatan jelas  :D

Berkaitan dengan posting paling pertama saya di atas:
  • IP reservation ada, untuk wireless maupun wired clients
  • BW control cuma sekedar ngasih fixed limit max upload & download speed untuk client tertentu; jadi tidak bisa fleksibel/variabel menyesuaikan dengan kondisi realtime total BW yang ada; dengan kata lain: bukan pake sistem level prioritas kelompok user2 tertentu
Selain hal di atas, so far IMO fitur2 setting-an yang ada cukup bagus (lengkap) & memenuhi kebutuhan saya.
Semoga bisa awet bertahun-tahun seperti tpl1nk wireless n saya (karena beberapa komplen user di amajon ada yang kena suddenly dead)  8)